Wednesday, December 26, 2007

Syari’at Qurban

Kebanyakan ulama fiqh berpendapat bahwa ibadah qurban (dengan penyembelihan haiwan ternak tertentu) merupakan syari’at dalam Islam. Hal ini ditegaskan dalam beberapa teks hadis. Di antaranya, seperti diungkapkan Anas ra. bahwa Nabi Saw menyembelih haiwan qorban dua kambing besar. (HR. Bukhari). Dalam teks hadis lain, Nabi Saw bersabda: “Barangsiapa yang memiliki kelebihan harta dan tidak mau berkorban, hendaknya tidak mendekati tempat ibadah kami”. (HR. Ibn Majah dan Ahmad).Zaid bin Arqam ra berkata: suatu saat beberapa sahabat bertanya: “Ya Rasulullah, untuk apa kita berkorban?”. “Untuk mengikuti sunnah Nabi Ibrahim”, jawab Nabi Saw. “Mengapa kita harus mengikuti sunnah ini?”, tanya para sahabat. “Setiap helai rambut dari haiwan qurban akan menjadi amal kebaikan”, kata Nabi Saw. (Hadis riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Hakim).

Ibadah dengan penyembelihan haiwan qurban merupakan amalan yang paling utama pada Hari Raya Idul Adha. Amalan dimaksudkan sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah Swt atas segala kurniaan yang diberikan, menghapus segala dosa yang dilakukan, di samping untuk membuka kesempatan kepada sanak saudara dan para tetangga menikmati karunia yang ada. Imam Syafie berpendapat hukum melakukan ibadah qurban ini adalah sunat Muakhadah iaitu sunah yang amat digalakkan atau dituntut ke atas setiap individu Muslim yang merdeka, berakal, baligh lagi rasyid serta berkemampuan melakukannya sama ada sedang mengerjakan haji ataupun tidak sekurang-kurangnya sekali seumur hidup. Walau bagaimanapun, makruh meninggalkan ibadah ini bagi orang yang mampu melakukannya.

Hukum qurban ini menjadikan wajib jika seseorang itu telah bernazar untuk melakukannnya atau telah membuat penentuan (at-ta'yin) untuk melaksanakannya seperti seseorang berkata "lembu ini aku jadikan qurban". Jika tidak dilakukan dalam keadaan ini maka hukumnya adalah haram.
Daging qurban wajib tidak dibenarkan untuk dimakan oleh yang empunya qurban dan tanggungannya.

No comments: